Target Pemilik Modal Ventura

modal ventura

Ketika memiliki bisnis kecil atau UKM (Usaha Kecil Menengah), seringkali terhambat persoalan kekurangan modal dalam rangka pengembangan bisnis. UKM biasanya belum dipercaya oleh bank untuk meminjam modal dikarenakan portofolio yang masih sedikit dan belum ada aset yang dapat dijadikan untuk jaminan. Namun, ada solusi lain yaitu dengan cara mencari perhatian pemodal ventura untuk membiayai perusahaan dan membagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Pemilik modal ventura biasanya memiliki kriteria tersendiri untuk perusahaan pasangan usaha yang akan dibiayai olehnya. Inilah beberapa target para pemodal yang ingin menginvestasikan uangnya untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

  • Pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Berawal dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), seorang pemilik modal ventura dapat mengucurkan dananya dan membantu UMKM tersebut mengembangkan bisnisnya. Langkah ini cukup bagus sebab pemilik modal tidak perlu memberikan modal yang besar karena usaha yang dijalanipun termasuk kecil. Namun, dengan terjun ke UMKM dan membantu penyertaan modal secara langsung, pemilik modal dapat mempelajari situasi dan kondisi perusahaan tersebut. Biasanya UMKM diincar oleh pemilik modal pemula untuk dijadikan ajang penelitian pertama atau mencari pengalaman sebelum menerjunkan diri ke area investasi yang lebih luas dan besar. Hal ini tidak masalah sebab pelaku bisnis UMKM juga akan sangat terbantu dengan hadirnya pemodal. Dengan dana baru yang dikucurkan, pemilik bisnis UMKM dapat mengembangkan usahanya dan menaikkan kualitas produk serta mendapat keuntungan yang lebih besar berkat pengembangan tersebut. 

Baca Juga: Syarat-Syarat Pinjaman Dana Tunai untuk Personal dan Badan Usaha

  • Perusahaan Rintisan (Start Up)

Perusahaan startup biasanya masih belum stabil namun memiliki rancangan bisnis yang cukup matang. Dikarenakan cashflow yang belum stabil, maka perjalanan bisnis tersebut masih harus ditopang oleh sumber dana lain agar program dan rancangan rencana bisnis dapat berjalan dengan baik. Para pemilik modal ventura akan mencari perusahaan start up dengan rancangan bisnis yang matang dan berpotensi untuk mendatangkan keuntungan di kemudian hari mengingat perusahaan start up yang ada saat ini kebanyakan mengusung teknologi mutakhir yang memberikan solusi pada permasalahan yang sudah menahun di masyarakat. Dengan ikut mengembangkan perusahaan pasangan usaha, maka pemodal juga mendapatkan keuntungan yang setara dengan investasi yang diberikannya.

  • Perusahaan dengan Rancangan Bisnis Menarik

Perusahaan kecil maupun besar dapat mengganti atau memperbarui rancangan rencana bisnisnya di tengah jalan. Biasanya perusahaan besar yang sudah stuck dikarenakan oleh perkembangan zaman akan memperbarui rancangan bisnisnya. Di sinilah mereka akan membutuhkan bantuan pendanaan untuk menjalankan rencana baru demi mengembangkan bisnisnya dan bertahan di tengah terpaan persaingan bisnis dengan yang lebih baru dan memiliki ide yang lebih fresh. Perusahaan baru yang memiliki ide cemerlang juga butuh disokong oleh pemilik modal ventura agar bisnisnya segera berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat.

1 I like it
1 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.