4 Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik yang Menyehatkan

makanan kucing

Makanan kucing yang diberikan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing. Tidak hanya itu saja makanan yang diberikan ini juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan bulu kucing. Kucing persia, anggora, dan lain sebagainya tidak bisa diberikan pakan sembarangan karena akan memicu kerontokan bulu yang parah padahal kecantikan kucing tersebut sangat tergantung dengan bulu yang melekat pada tubuhnya. Yang harus Anda ketahui dalam memilih pakan kucing ini adalah mereka merupakan karnivora sejati yang mana tidak bisa memproses makanan selain protein dan lemak dengan sempurna. Akibatnya kucing akan mengalami obesitas dan kegemukan jika dicampurkan dengan karbohidrat dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih berikut ini adalah beberapa tips memilih makanan kucing yang harus diperhatikan:

Test Food

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan makanan kucing terbaik adalah dengan mengetes apakah kucing Anda suka dengan makanan tersebut atau tidak. Sebagus apapun kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut jika kucing tidak menyukainya akan sama saja. Akan lebih baik jika Anda membeli pakan kucing di pet shop yang menyediakan sample food sehingga Anda bisa mengetahui keinginan dan minat kucing kesayangan Anda terhadap pakan tersebut. Jika kucing lahap dan tidak menimbulkan reaksi apa-apa maka Anda bisa memilih pakan tersebut.

Bahan Dasar

Jika kucing Anda sudah menyukai makanan tersebut hal yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui bahan dasarnya. Kucing adalah hewan karnivora murni artinya kebutuhan makanan bisa didapatkan dari daging. Sebenarnya makanan terbaik adalah yang alami dengan membuatnya sendiri dari bahan daging ditambahkan dengan vitamin. Jika Anda tidak bisa melakukannya karena kesibukan maka Anda bisa memberikan pakan kucing kemasan. Pakan kemasan saat ini pun tidak kalah bagusnya. Semakin tinggi kadar protein dan juga lemak pada pakan tersebut akan bagus untuk kucing Anda. Silahkan membaca label gizi pada kemasan sebelum membelinya agar Anda mengetahui kadar gizi pada pakan tersebut.

Baca Juga: 2 Merk Makanan Kucing yang Sehat dan Bergizi Tinggi

Daging Aman untuk Kucing

Meski kucing menjadi hewan karnivora namun ada daging yang tidak boleh diberikan ke kucing. Anda yang menginginkan memberikan pakan kemasan pastikan bahwa daging tersebut aman dikonsumsi manusia atau ada human grade meat. Berbeda jika tidak ada label tersebut dikhawatirkan jika yang dijadikan pakan adalah daging sisa-sisa tubuh dari rumah potong hewan. Yang dikhawatirkan lagi adalah pakan tersebut dibuat dari daging kucing dan anjing yang telah mati.

Perhatikan Riwayat Kesehatan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pilihlah pakan yang disesuaikan dengan usia dan kesehatan kucing tersebut. Untuk kucing dewasa jenis pakannya akan berbeda dengan kitten dan Anda juga harus menjamin pakan tersebut tidak menimbulkan alergi.

 

Bersikaplah cermat dan selektif dalam memilih makanan kucing karena kesehatan dan kecantikannya sangat tergantung dengan pakan dan perawatan yang diberikan, salah dalam memilih hanya akan membuat kesehatan kucing kesayangan Anda terancam masalah gangguan pencernaan.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.