Kenali Kelebihan dan Kekurangan Pembiayaan Modal Ventura

modal ventura

Modal ventura ialah salah satu investasi  menjanjikan yang disukai para pengusaha. Modal ventura sendiri mengelola dana pembiayaan dari investor (pihak ketiga) dengan tujuan utama untuk berinvestasi pada perusahaan dengan resiko tinggi dan tidak bisa memenuhi persyaratan sebagai perusahaan yang layak mendapatkan pinjaman bank.sebagian besar dana ventura berasal dari investor-investor dengan keuangan yang telah mapan, bank investasi dan berbagai institusi keuangan lainnya. Selain itu, penyertaan modal kebanyakan juga diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang baru merintis usaha dan belum memiliki riwayat operasional yang layak. Apakah Anda salah satu yang berada pada posisi ini, maka solusi terbaiknya ialah dengan mengandalkan pembiayaan modal ventura untuk pengembangan usaha kedepannya.

Sebagai salah satu pembiayaan modal usaha, modal ventura juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan dibandingkan pembiayaan lainnya. Poin penting inilah yang harus Anda ketahui dan pahami dengan baik sebelum memutuskan mengusulkan pembiayaan pada modal ventura. Berikut kelebihan dan kekurangan pembiayaan modal ventura yang berhasil kami rangkum untuk Anda.

Kelebihan Modal Ventura

Beberapa kelebihan pembiayaan modal ventura dibandingkan model pembiayaan jenis lainnya ialah:

  • Termasuk pembiayaan jangka pendek dan menengah yang relatif lebih murah dan menggunakan sistem repayment yang fleksibel.
  • Modal ventura menjadi solusi terbaik untuk perusahaan baru yang belum bisa memenuhi persyaratan untuk mengajukan pembiayaan pada sumber pendanaan lainnya.
  • Menyediakan bantuan manajemen dari perusahaan modal ventura  kepada pasangan usaha guna sama-sama mengembangkan perusahaan.
  • Perusahaan modal ventura selalu memonitor langsung jalannya perusahaan dengan memberikan saran serta jalan keluar saat perusahaan pasangan usaha mengalami kendala.
  • Membantu menaikkan pamor dan reputasi perusahaan pasangan usaha karena umumnya perusahaan modal ventura telah memiliki citra yang baik di mata investor maupun masyarakat.
  • Membantu memperluas jaringan usaha melalui partner baru yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan modal ventura.
  • Cara terbaik untuk melindungi para pengusaha kecil dan mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan Modal Ventura

Berikut ini beberapa kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh modal pembiayaan modal ventura:

  • Pembiayaan modal ventura termasuk pembiayaan yang cukup mahal jika dilihat dari sudut pandang jangka waktunya. Hal ini disebabkan modal ventura yang menggunakan sistem bagi hasil sehingga return yang didapatkan oleh perusahaan pasangan usaha bisa dalam angka yang besar, terkhususnya bisnis yang sukses.
  • Modal akan diberikan kepada perusahaan tertentu saja dan memang cukup selektif mengingat resiko kegiatan usaha yang lumayan tinggi. Singkatnya, orang mana yang tidak akan was-was saat memberikan uang kepada perusahaan yang baru lahir? Biasanya suntikan dana akan diberikan pada perusahaan dengan prospek bagus saja.
  • Para pengusaha dari perusahaan pasangan usaha bisa jadi kehilangan kontrol dan kepemilikan karena manajemen dan saham perusahaan yang dipegang langsung oleh pihak modal ventura. Saat perusahaan mulai menunjukkan kegagalan, maka perusahaan akan langsung dilikuidasi dari perusahaan modal ventura.

Alpha JWC adalah salah satu perusahaan modal ventura di Indonesia yang sudah memiliki segudang pengalaman dalam membantu mengembangkan bisnis dan startup di Indonesia seperti Kredivo, Kopi Kenangan, Uang Teman, dan masih banyak lagi.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.