Dibandingkan dengan roti tawar biasa, kandungan serat di dalam roti tawar gandum ini sangat bagus untuk kesehatan terutama yang sedang diet. Mengonsumsi roti tawar gandum ketika sarapan akan membuat Anda lebih berenergi dan kenyang lebih lama. Simak resep roti tawar gandum paling mudah berikut ini:

Baca juga : 3 Tips Memilih Tepung Panir Untuk Roti yang Berkualitas Tinggi

Bahan-bahan

Resep roti tawar gandum ini akan berhasil dilakukan dengan baik jika Anda membeli bahan-bahan yang tepat terutama untuk tepung gandumnya. Gunakan tepung gandum yang halus agar ragi bisa bekerja dengan baik, hindari tepung gandum yang bentuknya seperti serbuk gergaji sebab bisa membuat roti bantat karena ragi tidak bisa bekerja. Berikut ini adalah bahan yang harus Anda siapkan:

  1. 380 gram tepung gandum utuh yang lembut.
  2. 80 ml susu cair.
  3. 8 sdm madu untuk membuat roti terasa manis.
  4. 4 sdm minyak sayur.
  5. 240 ml air hangat.
  6. 1 ¼ sdt garam.
  7. 1 bungkus ragi.

Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat roti tawar gandum yang harus Anda lakukan dengan benar:

  1. Air hangat, ragi, madu dan susu campurkan dengan mengaduknya secara rata. Saat tercampur dengan sempurna bahan ini akan berbuih dan berbusa. Sisihkan.
  2. Bahan kering campurkan menggunakan mixer sampai rata. Setelah itu masukkan bahan-bahan cair dan mixer dengan kecepatan sedang. Mixer selama 10 menit sampai adonan menjadi kalis.
  3. Siapkan wadah besar yang sudah Anda olesi minyak, ambil adonan kemudian bulatkan. Olesi adonan dengan minyak kemudian tutup dengan kain yang bersih. Diamkan di tempat yang hangat selama dua jam agar adonan menjadi lebih mengembang.
  4. Kempiskan adonan, kemudian olesi cetakan roti tawar dengan minyak bisa juga dengan margarin. Bentuk memanjang seperti loyang. Tutup adonan selama 30 menit dengan kain yang bersih.
  5. Saat menutup adonan terakhir kali jangan lupa panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  6. Panggang adonan dengan oven yang sudah panas dengan waktu 45 sampai dengan 50 menit. 45 menit terbagi menjadi 3 set, 15 menit pertama tutup dengan alumunium foil, 15 menit berikutnya putar posisi, begitu pula 15 menit berikutnya.
  7. Untuk mengetahui roti sudah matang atau belum tepuk bagian atas adonan, kalau mengeluarkan bunyi seperti berongga itu tandanya roti tawar Anda sudah matang.

Baca juga : Sari Roti Indonesia : Rahasia Tersukses Perusahaan Roti Saat Ini

Membuat roti tawar gandum memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jika Anda membuat resep roti tawar gandum di atas dengan benar hasilnya roti tawar Anda akan terasa lezat dan nikmat.