Mengenal Fitur Metode Pembayaran Virtual Account, Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Mengenal Fitur Fitur Metode Pembayaran Virtual Account, Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Pembayaran virtual account menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Itu karena rekening virtual buatan yang terdiri atas nomor ID pelanggan tersebut dapat mempermudah proses transaksi. Oleh karena itu, anda sebagai pemilik bisnis perlu menyediakannya pada situs jualan. Sebelum itu, kenali beberapa fitur pada metode tersebut terlebih dahulu.

Fitur Fitur Virtual Account

  1. Fixed dan Non-Fixed

Sebelum menyediakan pembayaran melalui virtual account di website atau aplikasi jualan anda, perlu diketahui bahwa akun virtual ini ada yang berbentuk fixed dan non-fixed. Fixed virtual account biasanya dikaitkan dengan satu pengguna atau user saja. Jadi dengan menggunakan nomor tersebut, customer bisa melakukan pembayaran secara berulang.

Mereka bisa melakukan transaksi tanpa harus memasukkan nomor ID kembali. Jadi biasanya fixed virtual account ini digunakan pada model bisnis yang mengharuskan pelanggan untuk membayar secara berulang kali. Sederhananya, fixed virtual account adalah akun virtual yang nomornya tidak akan berubah.

Sementara pembayaran virtual account non-fixed dikaitkan dengan setiap transaksi. Disebut pula dengan nama dynamic virtual account, akun virtual ini ditandai dengan nomor yang acak dan unik. Jadi customer hanya bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran pada satu kali transaksi saja.

  1. Open dan Closed

Selain dihadirkan dalam bentuk fixed dan non-fixed atau dynamic, virtual account juga ada yang berbentuk open dan closed. Anda bisa mempertimbangkan salah satunya ketika hendak menyediakan sistem pembayaran tersebut pada bisnis. Untuk open virtual account, itu berarti anda dapat menerima pembayaran berapapun nominalnya.

Sementara closed virtual account sesuai dengan namanya, hanya bisa menerima pembayaran dengan nominal yang telah ditentukan. Anda yang menggunakan fiex account bisa menentukan untuk mengatur antara open dan closed ini, ketika akan memberikannya kepada konsumen akhir.

  1. Single dan Multiple Use

Bentuk lain dari virtual account ini adalah single dan multiple use. Umumnya single virtual account digunakan untuk satu kali transaksi. Sedangkan multiple use virtual account dapat digunakan untuk beberapa kali transaksi, selama akun masih berlaku. Karena non-fixed virtual account merupakan tipe single use, maka fitur multiple account hanya tersedia pada fixed virtual account.

  1. Masa Berlaku

Perlu diketahui bahwa virtual account mempunyai tanggal kedaluwarsa. Jadi sebelum menyediakan metode pembayaran virtual account tersebut, anda perlu memikirkan pengaturan masa berlakunya. Ketika masa berlaku akun virtual sudah habis, itu berarti pembeli tidak bisa lagi menggunakannya untuk melunasi transaksi. Namun mereka perlu membuat akun virtual yang baru.

Itulah fitur fitur yang perlu diperhatikan saat hendak menyediakan metode pembayaran melalui virtual account pada aplikasi atau website jualan anda. Selain itu, jangan lupa mengintegrasikan situs belanja online yang dimiliki dengan sistem payment gateway seperti Duitku. Payment gateway ini memungkinkan anda menghadirkan berbagai metode pembayaran, termasuk virtual account.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.