Cara Merawat Implan Gigi agar Tetap Kuat & Sehat

Cara Merawat Implan Gigi agar Tetap Kuat & Sehat

Implan gigi lebih kuat dari gigi biasa dan tidak bisa bolong. Meskipun begitu, kita tetap harus merawatnya seperti kita merawat gigi jika ingin implan gigi tersebut awet sampai lama. Cara merawat implant gigi pada dasarnya sama seperti merawat gigi yaitu dengan rutin membersihkannya serta rajin periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Berikut cara-caranya yang bisa Anda terapkan di rumah.

  • Bersihkan gigi setidaknya dua kali sehari terutama sehabis makan.

Gunakan pasta gigi yang biasa saja, yang tidak ada embel-embel memutihkan gigi atau mencerahkan gigi karena pasta gigi semacam ini biasanya memiliki kandungan yang cukup keras yang bisa meluruhkan lapisan luar gigi prosthesis implant. Pilihlah sikat gigi yang lembut, yang bisa membersihkan plak di bagian dalam gigi, namun bulu sikatnya tidak sampai menyakiti gusi. Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di celah-celah gigi yang tidak bisa dikeluarkan oleh sikat gigi biasa. Jangan lupa kumur-kumur dengan larutan mouthwash agar mulut Anda bersih dan tidak bau.

Visit : Implan gigi murah

  • Periksa ke dokter secara rutin 6 bulan sekali

Implan gigi perlu diperiksa rutin untuk dilihat bagaimana pengaruh implan terhadap kesehatan gigi dan mulut Anda. Selain itu dokter gigi juga perlu memeriksa bagaimana kondisi implan. Untuk memeriksa kondisi implan sebetulnya bisa dilakukan setiap 3 tahun sekali, tapi akan lebih baik jika Anda datang periksa ke dokter gigi 6 bulan sekali karena Anda masih memiliki gigi biasa yang perlu diperiksa kesehatannya.

  • Hindari makanan tinggi gula

Implan gigi memang tidak bisa bolong, tapi tetap bisa ditempeli plak. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi cenderung menyebabkan penimbunan plak semakin banyak, yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan gusi. Lagi pula makanan dengan kadar gula tinggi juga tidak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

Itulah cara merawat implan gigi. Sebaiknya setelah operasi penanaman implan Anda bertanya pada dokter gigi Anda apakah ada perawatan khusus yang perlu dilakukan pada implan. Dengan menjaga area mulut dan gigi tetap higienis, maka risiko infeksi di area sekitar implan gigi bisa diperkecil.

Baca juga : Fasilitas & Perawatan Gigi Terbaik Di Klinik Spesialis Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *