Kenapa HRIS Indonesia Menjadi Populer? Berikut Faktor yang Melatarbelakanginya!

Kenapa HRIS Indonesia Menjadi Populer? Berikut Faktor yang Melatarbelakanginya!

Untuk keperluan alokasi gaji karyawan, setiap perusahaan pastinya memerlukan sistem yang baik dalam pengelolaannya. Maka dari itu, saat ini banyak perusahaan yang mulai menggunakan software HRIS Indonesia guna mengakomodir kebutuhan tersebut. Bahkan penggunaan software ini cukup melonjak jauh di zaman sekarang. Apa saja faktor yang melatarbelakanginya ?

Faktor yang Mempengaruhi Kepopuleran HRIS

1. Penggunaan Sistem Digital yang Semakin Umum

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini memang terus berkembang pesat. Di Indonesia sendiri hal tersebut sudah terasa sejak beberapa tahun belakangan, terutama sejak tahun 2010 silam. Bahkan saat ini, berbagai keperluan dan kebutuhan manusia sudah bisa disiapkan melalui sistem digital.

Tidak terkecuali mengenai akses data perusahaan, yang saat ini pun semakin berkembang dan mudah digunakan. Sehingga HRIS yang mampu memudahkan keperluan akses data perusahaan, menjadi solusi di tengah penggunaan sistem digital. Terlebih penggunaan program ini pun lebih mudah diintegrasi tanpa harus training khusus atau pengeluaran biaya yang banyak.

2. Integrasi App Menjadi Lebih Baik

HRIS Indonesia menjadi semakin populer belakangan ini lantaran integrasi app-nya menjadi lebih baik, mengingat bahwa perkembangan teknologi sudah begitu pesat di era modern. Sehingga sistem HRIS pun mampu menyediakan sistem layanan self service bagi setiap karyawannya, dengan akses dari komputer ataupun gadget lainnya.

Jadi dengan menggunakan sistem HRIS, karyawan tidak perlu repot berurusan dengan bagian HR secara langsung. Melainkan mereka cukup mengajukan terkait kebutuhannya melalui sistem secara otomatis. Seperti submit surat izin, meminta cuti, mengajukan klaim atau reimbursement, cetak slip gaji mandiri, dan berbagai keperluan lainnya.

3. Peningkatan Perusahaan Startup

Sejak tahun 2018 beberapa tahun lalu, peningkatan jumlah perusahaan startup memang sangatlah tinggi. Hal ini membuat menjamurnya perusahaan yang menerapkan outlook modern di dalam negeri. Yang mana berbagai perusahaan tersebut umumnya lebih banyak menggunakan media digital sebagai tempat operasi.

Sehingga fenomena tersebut membuat semua data serta urusan ketenagakerjaan di dalam perusahaan pun menjadi lebih mudah diurus apabila menggunakan HRIS. Jumlah startup yang sukses akhirnya mendorong penggunaan aplikasi HRIS semakin banyak di Indonesia. Bahkan hingga saat ini, banyak perusahaan baru yang muncul dan lebih mengutamakan pengolahan data karyawan dengan HRIS.

4. Keamanan Data Digital Lebih Terjaga

Di Indonesia, masalah seperti hacking tergolong jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan banyak negara lainnya. Dan keamanan data digital ini tentunya menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan. Itulah salah satu faktor yang membuat HRIS Indonesia disukai untuk keperluan operasi bagi berbagai perusahaan.

Faktor faktor seperti di atas pada akhirnya membuat software HRIS semakin banyak digunakan untuk mengelola data data karyawan. Jika anda merupakan pemilik bisnis yang ingin beralih menggunakan HRIS, software SPISy dari Sakura System bisa dipertimbangkan menjadi pilihan. Software HRIS dan payroll satu ini memuat banyak modul terintegrasi yang akan memenuhi kebutuhan anda.

 

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.