4 Kesalahan Menggunakan Wireless Microfone Yang Perlu Anda Hindari

mic wireless

Pada serangkaian perlengkapan untuk sound system, mikrofon adalah bagian input yang tidak bisa dilewatkan. Terdapat dua macam mikrofon yang bisa Anda pilih, wireless (tanpa kabel) atau wired. Perangkat wireless kian banyak digunakan karena dirasa lebih praktis dan memberi kemudahan untuk bergerak. Namun ada beberapa kesalahan penggunaan yang kerap dilakukan. Sebelum Anda beli di tempat audio sound system, berikut hal yang perlu Anda tahu.

4 Kesalahan Umum Yang Sering Terjadi Saat Gunakan Mikrofon Tanpa Kabel

mic wireless

1. Kesalahan Penggunaan Antena Dan Penempatan Yang Tidak Tepat

Tidak sedikit pengguna produk yang berpikir bahwa antena reciever itu semuanya sama. Meski tampak serupa, nyatanya kesalahan pilih antena, kabel dan penempatan akan beri efek yang signifikan. Dalam hal ini, produk satu dan lainnya mungkin akan tunjukkan jarak jangkauan yang berbeda, dead spot, atau kekuatan sinyal yang berbeda. Sebaiknya Anda konfigurasi antena membentuk V dan beri jarak antena paling sedikit ¼ panjang gelombang.

 

2. Baterai Yang Kurang Tepat Atau Manajemen Yang Buruk

Jika mikrofon tiba – tiba tidak berfungsi atau mati, besar kemungkinan masalahnya datang dari baterai. Manajemen baterai yang tidak tepat akan membuat mik alami malfungsi atau kerusakan. Hal ini kerap terjadi karena sembarangan pakai baterai atau tidak mengganti baterai secara berkala. Pastikan saat Anda berada di toko jual sound system, Anda membeli baterai yang tepat. Pilih baterai dengan lithium atau alakaline yang lebih awet dan sesuai syarat.

 

3. Setting Frekuensi Yang Salah

Dalam setting sound system, hampir semua pengaturan berasa kompleks. Bahkan frekuensi mikrofone pun perlu diperhatikan dengan baik. Anda perlu hindari saluran TV lokal yang aktif pastikan frekuensi kompatibel. Hal ini tidaklah mudah, karena itu perlu teknisi khusus untuk hindari kesalahan. Hal ini kerap kali terjadi pada penggunaan di luar ruangan. Untuk mikrofon wireless di dalam ruang, masalah ini memiliki risiko terjadi yang jauh lebih rendah.

 

4. Sinyal Mikrofon Dan Reciever Yang Terhalang

Masalah terakhir ini cukup sepele, namun sering sekali terjadi. Untuk hindari sinyal yang terhalang, kundi utamanya adalah menjaga jalur transmitter dan receiver antena. Dinding, benda logam, atau bahkan orang bisa menutupi sinyal suara. Ada baiknya Anda letakkan receiver dan transmitter pada ruangan yang sama. Dan pastikan Anda beli produk di tempat jual sound system terpercaya yang sediakan produk berkualitas terbaik.

Keempat kesalahan tersebut kerap kali terjadi dan membuat sinyal suara mengalami masalah. Baik itu suara yang terputus, terdistorsi, atau bahkan tidak muncul sama sekali. Jika dibiarkan terus menerus, kesalahan ini bisa merusak peralatan yang digunakan. Masalah ini kerap di sangkut pautkan dengan kualitas produk yang buruk. Jika Anda tidak ingin beli produk abal – abal, beli saja produk dari Goshen, distributor sound system terpercaya Indonesia.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.