Cara Membersihkan Kawat Gigi agar Tidak Kuning

perawatan kawat behel gigi

Menggunakan rawat gigi memang cukup menyiksa pada awalnya. Manfaatnya baru dapat dirasakan saat sudah melepasnya. Kawat gigi yang kotor dapat membuat penggunanya terlihat jorok. Berikut ini Cara Membersihkan Kawat Gigi agar tidak kuning.

  • Gosok gigi

Tidak lain dari gigi tanpa Kawat Gigi, cara pertama dan paling ampuh untuk membersihkannya adalah dengan cara sikat gigi. Jika kawat gigi bisa dilepas sendiri dengan mudah maka cukup sikat gigi seperti biasa, lalu bersihkan kawat gigi dengan menggunakan sabun dan sikat halus. Jika kawat gigi tidak bisa dilepas maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara menyikat gigi dan kawatnya tanpa pasta gigi, langkah kedua bersihkan gigi dengan pasta gigi seperti biasa. Cara ini lebih ampuh untuk menghilangkan sisa sisa makanan di gigi dan juga kawat gigi. 

  • Benang Gigi

Pengguna behel atau Kawat Gigi mempunyai resiko lebih besar untuk mengalami penyakit gusi yang disebabkan oleh karang gigi. Jadi sangatlah disarankan untuk membersihkan gigi dengan benang gigi walaupun sudah menyikat gigi dua kali sehari. Gunakan benang gigi secara perlahan lahan, dan turunkan hingga menyentuh bawah garis gusi agar lebih efektif. Benang gigi boleh digunakan sehari sekali, dan sangat efektif untuk mengangkat sisa sisa makanan yang tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi yang paling canggih sekalipun. 

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Behel Gigi

  • Ke dokter gigi sesuai jadwal 

Tips ketiga ini adalah tips yang paling wajib dan penting untuk dilakukan. Hanya dokter gigilah yang mampu membersihkan gigi dan kawat gigi secara optimal dengan dukungan alat alat medisnya. Sangat disarankan untuk mengikuti semua jadwal kontrol yang telah ditentukan oleh dokter gigi pemasang Kawat Gigi. Umumnya jadwal kontrol tersebut adalah setiap satu bulan sekali atau dua bulan kali, tergantung kondisi pasien. Sangat tidak disarankan untuk membetulkan sendiri kawat gigi yang rusak atau mengalami kondisi yang tidak sesuai rencana awal. 

Semoga setelah mengikuti Cara Membersihkan Kawat Gigi diatas, gigi dan kawat gigi selalu bersih, dan tidak menimbulkan bekas kuning setelah dilepas.

Artikel Lainnya:

0 I like it
1 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.