Speaker Aktif Terbaik : Masalah Paling Umum dan Penyebabnya

Speaker Aktif Terbaik : Masalah Paling Umum dan Penyebabnya

Membeli speaker aktif terbaik demi mendapatkan kualitas audio yang mumpuni kerap dilakukan oleh banyak orang. Sayangnya, beberapa orang tidak menyadari bahwa speaker merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup rawan mengalami masalah apabila tidak dirawat dengan baik. Adapun masalah paling umum dan penyebabnya yang paling sering terjadi yaitu sebagai berikut.

Speaker Aktif Terbaik : Masalah Paling Umum dan Penyebabnya

Masalah Paling Umum pada Speaker

1. Suara Speaker Serak

Masalah audio output yang terdengar serak sering menghampiri setiap speaker aktif. Biasanya penyebab kondisi ini adalah penggunaan speaker dengan full power yang bahkan melebihi kapasitasnya. Alhasil hal tersebut mengakibatkan bunyi yang dikeluarkan menjadi hancur. Speaker dan power amplifier adalah komponen yang sering terkena dampak dari penggunaan full power.

Sehingga bunyi yang dikeluarkan speaker berada di nada mid middle sampai high treble yang kurang mantap ketika didengar. Jika anda memakai speaker berkualitas tinggi, mungkin suara serak ini tidak akan cepat terjadi. Namun sebaiknya speaker memang tidak digunakan full power dalam waktu lama untuk meminimalisir masalah seperti itu.

2. Suara Speaker Berdengung

Selain suara yang serak, audio output yang berdengung juga dapat menghampiri speaker aktif terbaik. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi seperti ini terjadi. Mulai dari elko power supply kering, solderan lepas, dan kaki elco putus. Selain itu, posisi trafo yang terlalu dekat dengan amplifier juga bisa menimbulkan masalah yang sama.

Jadi untuk mengatasinya pastikan anda mengecek kondisi speaker secara berkala, meskipun jarang menggunakan perangkat tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap komponen speaker berada pada kondisi yang bagus. Kemudian pastikan untuk mengatur posisinya secara tepat ketika digunakan.

3. Speaker Mati Total

Kerusakan paling parah pada speaker aktif yaitu perangkat tersebut tidak menunjukkan respon apapun ketika dinyalakan, alias mati total. Bahkan lampu indikator speaker pun tidak tampak menyala sedikitpun. Jangan langsung panik, mungkin masalahnya terletak pada bagian power suplay speaker.

Beberapa komponen yang perlu diperhatikan yaitu kabel in220, sakral trafo, dioda, dan eco. Anda juga membutuhkan pengukuran pada dc dan ac meter di sini untuk memastikannya. Namun jika tidak memiliki tester dapat langsung melakukan penggantian saja agar masalah bisa segera ditangani, khususnya penggantian pada saklar dan kabel.

Karena saklar speaker aktif bisa mengalami kerusakan seiring waktu, misalnya karena tegangan listrik terlalu tinggi atau karena terlalu panas. Dan untuk mengidentifikasi kerusakan sakral termasuk cukup mudah. Sebab sakral yang rusak biasanya akan berubah warna. Untuk kabel pun demikian, karena anda dapat melihat pada speaker aktif terbaik apakah kabelnya putus atau tidak.

Menggunakan speaker aktif berkualitas memang menjadi solusi agar perangkat tidak mudah rusak. Akan tetapi, usia perangkat sound system juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana anda merawatnya. Jadi pastikan untuk merawatnya dengan baik, perhatikan kebersihannya, dan cek komponennya. Tidak lupa, pilih speaker berkualitas seperti yang tersedia di Bliaudio.

 

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.