3 Pantangan Perawatan DOC Ayam Broiler yang Harus Dihindari

Pantangan Perawatan DOC Ayam Broiler

DOC ayam broiler perawatannya jauh lebih rumit dibandingkan dengan ayam kampung. Sistem imun yang rendah membuat DOC ayam broiler ini rentan terkena penyakit. Karakteristik dari DOC ayam broiler ini pun sama dengan ayam layer dimana mudah sekali terkena stress akibat ketidakmampuannya beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Selain itu melakukan kesalahan dalam memelihara DOC ayam broiler sangat fatal karena bisa membuatnya mudah terkena penyakit kemudian berujung kematian. Agar tidak menimbulkan kerugian peternak yang akan menggeluti bisnis ayam broiler ini tidak boleh melakukan beberapa pantangan dalam merawat DOC ayam broiler. Simak beberapa pantangan perawatan DOC ayam broiler yang tidak boleh dilakukan berikut ini:

Manajemen Kandang yang Buruk

Pantangan perawatan DOC ayam broiler yang tidak boleh dilakukan oleh peternak ayam broiler adalah melakukan manajemen kandang yang buruk. Kandang ini menjadi rumah bagi DOC ayam broiler dikarenakan hampir 24 jam DOC menghabiskan waktunya di dalam kandang. Berbeda dengan ayam kampung yang dimana waktunya dihabiskan di area umbaran. Berikut adalah manajemen kandang yang buruk dan harus dihindari oleh peternak:

Terlalu Lembap dan Kotor

Manajemen kandang yang buruk akan membuat kandang DOC ayam tersebut terlalu lembap dan kotor. Kandang ideal dan bersih adalah yang kering dan tidak lembap. Kelembaban yang tinggi bisa membuat kuman dan bakteri mudah berkembang biak di dalam kandang yang mana tidak bagus untuk tumbuh kembang DOC karena membuatnya mudah terkena penyakit akibat kuman dan bakteri tersebut. Kandang yang kotor juga harus dihindari biasanya disebabkan oleh kotoran yang terlalu menumpuk dan jarang dibersihkan. Kotoran inilah yang akan menyebabkan kadar amonia di dalam kandang tinggi. Kalau sudah begitu ayam akan menjadi tidak nafsu makan karena terlalu banyak menghirup amonia.

Baca juga : 5 Kelebihan Kandang Ayam Layer Modern

Tidak Ideal

Pastikan sebelum DOC dipelihara peternak sudah memiliki kandang yang ideal. Kandang yang tidak ideal akan menyebabkan DOC ayam tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Contoh kandang DOC yang tidak ideal adalah tidak ada penghangat atau brooder, tanpa cahaya lampu, tidak rapat dan memudahkan angin masuk, tidak aman dan nyaman sehingga keselamatan DOC tersebut tidak terjamin. Jika kandang untuk memelihara DOC belum ideal peternak harus membuatnya menjadi ideal terlebih dahulu.

Manajemen Pakan yang Buruk

Pantangan yang harus dihindari oleh peternak broiler adalah manajemen pakan yang buruk. Pakan ini menjadi salah satu faktor keberhasilan dari peternakan ayam selain kandang. Oleh sebab itu penting bagi peternak untuk memanajemen pakan DOC ini dengan baik. Manajemen pakan yang buruk adalah memberikan jenis pakan yang tidak sesuai dengan periodenya, tidak sesuai porsi atau takarannya, tidak tepat waktu, dan tidak disertai dengan minuman yang cukup.

Tanpa Vaksin

Perawatan DOC ayam broiler yang salah adalah tanpa vaksin. Untuk DOC ayam broiler organik boleh saja tanpa vaksin namun untuk peternakan biasa vaksin ini sangat penting karena membuat ayam terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Semakin banyak ayam yang mati akan membuat peternak mengalami kerugian dikarenakan penyakit tersebut penularannya sangat cepat, terlalu banyak DOC yang mati menyebabkan ayam yang dipanen semakin sedikit itu artinya pendapatan yang didapatkan peternak sedikit pula.

DOC masih rawan terkena penyakit, sehingga keberhasilan peternakan di beberapa periode selanjutnya tergantung dengan bagaimana peternak merawat DOCnya tersebut. Gagal dalam pemeliharaan periode starter membuat gagal di dua periode setelahnya. Oleh sebab itulah peternak tidak boleh mengabaikan perawatan DOC ini. Hindari beberapa pantangan perawatan DOC ayam broiler seperti yang sudah disebutkan di atas supaya kegagalan pada periode starter atau DOC bisa dihindari.

Baca juga : 3 Cara Ternak Ayam Kampung Organik yang Baik dan Benar

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.