Nyaman di Kantong, Berikut 4 Tips Hemat Harga Perawatan Gigi

Nyaman di Kantong, Berikut 4 Tips Hemat Harga Perawatan Gigi

Nyaman di Kantong, Berikut 4 Tips Hemat Harga Perawatan Gigi

Banyak orang yang merasa enggan untuk pergi ke dokter gigi meski sedang mengalami masalah pada gigi atau gusi. Alasannya adalah karena harga perawatan gigi dinilai mahal oleh sebagian besar orang. Padahal, manusia sangat bergantung dengan keberadaan gigi dalam kehidupan sehari hari. Lantas bagaimana solusi untuk menghemat perawatan gigi ?

Tips Hemat Perawatan Gigi

  1. Periksa Gigi Secara Rutin

Ingin hemat perawatan gigi tapi malah disarankan untuk memeriksakan gigi secara rutin ? Mungkin terdengar aneh, namun dengan memeriksakan gigi secara rutin meski sedang tidak ada keluhan, akan membuat anda mendapatkan kondisi gigi dan gusi yang sehat. Dengan kata lain, masalah besar pada gigi yang membutuhkan biaya besar pun dapat dicegah.

Kendati ditemukan potensi adanya masalah gigi untuk ke depannya, maka dokter bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan dini. Dimana tindakan ini biasanya jauh lebih sederhana, sehingga biaya yang dikeluarkan pun tidak besar. Contohnya seperti pembersihan karang gigi dan lain sebagainya.

  1. Jaga Kesehatan Gigi di Rumah

Tips hemat harga perawatan gigi berikutnya yaitu menjaga kesehatan gigi dan gusi secara mandiri di rumah. Dengan menjaga kesehatan gigi, maka anda pun akan terhindar dari berbagai risiko sakit gigi yang mengharuskan anda mendapat berbagai pengobatan dengan biaya besar.

Menjaga kesehatan gigi di rumah ini bisa dilakukan dengan cara rajin menyikat gigi, minimal dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Lalu gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk memberi perlindungan pada gigi. Sikat gigi yang anda gunakan pun harus diganti setidaknya setiap tiga bulan sekali.

  1. Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tidak hanya dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, makanan yang anda konsumsi juga bisa mempengaruhi kondisi gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Oleh sebab itu, apapun yang masuk ke dalam mulut juga harus diperhatikan. Jenis makanan yang baik untuk gigi adalah bahan yang mengandung serat.

Pasalnya, makanan berserat mampu merangsang produksi air liur. Sehingga daya self cleansing yang dimiliki gigi pun akan meningkat, dan membuat kebersihan mulut selalu terjaga. Sementara itu, jenis makanan yang kurang baik untuk kesehatan gigi adalah bahan yang mengandung pemanis dan tepung. Karena makanan seperti ini bisa menempel di sela sela gigi.

  1. Cari Alternatif Perawatan Lain

Harga perawatan gigi bisa sangat bervariasi, tergantung jenis perawatan yang anda dapatkan. Maka dari itu, coba tanyakan terlebih dahulu ke dokter gigi, jenis perawatan apa saja yang tersedia dan cocok sebagai solusi kebutuhan anda. Jadi, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan perawatan gigi tanpa harus merogoh kocek dalam. Bagi anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya, klinik OMDC bisa menjadi pilihan untuk melakukan perawatan gigi. Karena selain menyediakan layanan lengkap, biaya perawatannya relatif terjangkau.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.