Jenis Jenis Speaker Aktif Terbaik, Ketahui Sebelum Membelinya!

Goshen - Jual sound system2

Anda yang masih pemula dalam dunia musik, sebaiknya mulai dengan menyiapkan speaker aktif terbaik. Karena speaker aktif adalah bagian penting dalam sistem audio, yang akan menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, pertama tama sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis jenis dari speaker aktif tersebut. Ada apa saja ? Yuk simak.

Jenis Jenis Speaker Aktif

1. Speaker Aktif Jenis Woofer

Speaker aktif jenis woofer adalah speaker yang dapat menerima frekuensi antara 20 sampai 2.000 Hz. Speaker ini bereaksi dengan baik terhadap suara rendah, tidak heran apabila orang orang sering menggunakannya untuk memutar hard bass yang merupakan genre lagu berfokus pada bass. 

Dengan speaker woofer, anda dapat menemukan titik manis dalam kerendahan suara sehingga genre lagu hard bass pun menjadi sangat nikmat didengar. Untuk ukurannya, biasanya woofer ini berada pada kisaran 4 inchi sampai 12 inchi. Dan umumnya woofer akan digabungkan bersama midrange dan tweeter supaya suaranya semakin mantap.

2. Speaker Aktif Jenis Subwoofer

Selain woofer, ada juga speaker aktif terbaik jenis subwoofer. Meskipun sama sama bereaksi dengan baik dalam menangkap sinyal frekuensi rendah, namun keduanya tentu tidak sama. Jika didengar sekilas memang speaker woofer dan speaker subwoofer akan menghasilkan suara yang hampir serupa.

Namun perlu diketahui bahwa nilai angkanya sangat berbeda. Karena subwoofer memiliki kisaran frekuensi yang jauh lebih kecil, yaitu antara 20 hingga 200 Hz. Sehingga speaker ini dapat menghasilkan suara bass yang lebih baik. Jadi biasanya di panggung panggung besar akan memilih menggunakan jenis ini. Ukurannya sendiri sekitar 12 inchi sampai 21 inchi, cocok diletakkan di panggung yang luas.

3. Tweeter

Berikutnya ada tweeter, yang umumnya mempunyai ukuran paling kecil. Dimana ukuran dari speaker ini paling besar hanya mencapai 4 inchi saja. Meskipun ukurannya kecil, anda tidak boleh meremehkan kualitas suaranya. Bekerja pada frekuensi tinggi yaitu di 3.500 Hz sampai 20 kHz, membuat Tweeter mampu menghasilkan suara yang melengking.

Itulah kenapa jenis speaker tersebut sering dijuluki kecil cabe rawit, karena meski ukurannya kecil namun dapat menghasilkan suara yang menggelegar. Anda pun dapat menghasilkan cymbals drum dari tweeter ini. Apabila mengharapkan suara yang lebih nendang, sebaiknya jangan lupa menghadirkan speaker tweeter di atas panggung.

5. Mid Range

Mid range biasanya hanya ditemukan pada speaker aktif terbaik dengan konfigurasi sistem 3 way. Dengan ukuran sekitar 4 inci sampai 6 inci, jenis speaker ini berperan untuk menyempurnakan suara yang dihasilkan. Biasanya bekerja bersama woofer dan tweeter untuk menghasilkan suara yang lebih fokus dan jelas.

Itulah beberapa jenis speaker aktif yang ada. Ada yang dipasarkan langsung sesuai jenisnya dan ada yang satu paket dalam konfigurasi sistem 2 way dan 3 way, jadi anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Dapatkan paket lengkap speaker aktif dengan banyak pilihan di Goshen Swara Indonesia. Selain speaker aktif, tersedia pula banyak perangkat sistem audio lainnya yang bisa dipesan.

 

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.