Bagaimana Cara Penggunaan Big Data Indonesia dalam Bisnis ? Cek di Sini Sekarang!

Meski sudah banyak yang mengetahui pentingnya big data Indonesia dalam bisnis. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih banyak pula yang belum memahami apa itu big data tersebut. Yang mana konsep big data sebenarnya sudah ada cukup lama, tapi baru mendapatkan momentum di awal 2000 an. Yuk simak penggunaan big data ini di dalam bisnis.

Apa Itu Big Data ?

Big data adalah sebuah istilah yang pengertiannya mengacu pada data dengan kuantitas besar, kompleks dan cepat sehingga akan sulit jika diproses menggunakan metode tradisional. Istilah ini menggambarkan bagaimana volume data yang begitu besar, dan sehari harinya membanjiri bisnis, baik itu data terstruktur maupun data tidak terstruktur.

Namun jumlahnya yang begitu besar tersebut bukan merupakan poin utama pada big data. Melainkan apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan atas adanya semua data dengan volume besar inilah yang menjadi aspek penting. Sebab big data dapat dianalisis menjadi sebuah pemahaman yang nantinya digunakan untuk menetapkan strategi bisnis dan mengarahkan perusahaan.

Mengapa Big Data Penting ?

Mungkin anda masih bertanya tanya, mengapa big data Indonesia ini menjadi penting bagi bisnis ? Seperti yang telah disebutkan, poin utama dari big data adalah apa yang bisa anda lakukan menggunakan banyaknya data yang ada. Karena anda bisa mengambil data dari berbagai sumber dari sini, dan menganalisisnya untuk menemukan berbagai jawaban.

Mulai dari jawaban untuk masalah pengurangan biaya, pengurangan waktu, pengembangan produk baru, penawaran yang bisa dioptimalkan, sampai pengambilan keputusan yang cerdas demi kepentingan bisnis. Bahkan ketika bisnis mampu menggabungkan big data tersebut dengan analitik berkekuatan tinggi. Maka ada lebih banyak tugas yang bisa diselesaikan dengan mudah.

Contohnya seperti menentukan akar penyebab masalah dan kegagalan yang terjadi dalam bisnis hampir secara real time, menghasilkan kupon di titik penjualan yang didasarkan pada kebiasaan pembelian konsumen, menghitung ulang seluruh kemungkinan risiko hanya dalam hitungan menit, serta mendeteksi perilaku curang yang terjadi sebelum bisa mempengaruhi perusahaan.

Contoh Pengaplikasian Big Data

Setelah mendapatkan momentum di tahun 2000 an, big data Indonesia menjadi banyak dimanfaatkan hingga saat ini. Aplikasinya pun bisa dilihat dalam berbagai bidang pada kehidupan sehari hari, mulai dari bidang pajak, perbankan, perusahaan retail, agrikultural, dan berbagai bidang lainnya.

Seperti pada bidang pajak, sistem big data mampu bekerja dengan cara mengambil data dari jenis silsilah keluarga, barang apa saja yang dimiliki, kekayaan yang dipunya, maupun akun rekening bank dari masyarakat. Sehingga pengecekan mengenai wajib pajak pun akan jauh lebih mudah dilakukan dengan mengandalkan sistem tersebut.

Karena sistem big data ini begitu luas dan mampu menampung banyak data sekaligus, maka software yang digunakan untuk memproses big data tentunya tidak boleh sembarangan. Oleh sebab itu, anda bisa memilih menggunakan software dari Soltius Indonesia yang dapat secara fleksibel terintegrasi dengan berbagai sistem di dalam perusahaan.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.