Jenis Olahraga Kardiovaskular Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Defocused,Of,Happy,Sport,Woman,Holding,Red,Heart,In,Hand.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih melahirkan tenaga profesional dalam menangani penyakit berbahaya. Spesialis kardiovaskular intensif kini mampu memberikan perawatan terbaik bagi ada yang menderita penyakit jantung dan pembuluh darah. Meski demikian, melakukan olahraga kardiovaskular adalah solusi terbaik untuk melakukan pencegahan. Berikut selengkapnya.

Macam-Macam Olahraga Kardiovaskular

  1. Aerobik

Penamaan aerobik pada dasarnya berasal dari kata ‘aero’ yang memiliki arti oksigen. Hal ini memiliki makna bahwa olahraga aerobik adalah kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja jantung dan pernafasan dengan baik. Meskipun banyak dikenal sebagai jenis olahraga senam, aerobik nyatanya memiliki banyak jenis.

Anda bisa melakukan olahraga aerobik mulai dari senam, bersepeda, berlari, lompat tali hingga mendayung. Jenis olahraga yang dilakukan untuk mengoptimalkan kualitas pernafasan ini bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah. Jika dilakukan dengan rutin, aerobik mampu menjaga kualitas jantung agar tidak bekerja terlalu keras.

  1. Latihan Interval

Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang, latihan interval adalah solusi tepat yang bisa dilakukan. Olahraga dengan intensitas tinggi secara berulang-ulang menjadi pilihan yang tepat dibandingkan harus mengunjungi dokter spesialis kardiovaskular intensif untuk melakukan perawatan karena sudah terserang penyakit kardiovaskular.

Lazimnya, olahraga yang satu ini dipercaya mampu menguatkan otot dan membuat tubuh tetap awet muda. Kecepatan yang dibutuhkan untuk melakukan latihan interval berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan detak jantung. Hal ini dapat membuat tubuh lebih efisien dalam membakar kalori, meningkatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan kebugaran dan mencegah diabetes.

  1. Total Body Workout

Olahraga selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah total body workout. Kegiatan olahraga ini umumnya dilakukan dengan membuat gerakan yang dapat menggerakkan seluruh tubuh. Hal ini bahkan bisa memberikan dampak sekaligus dalam menguatkan otot jantung. Sebagai contohnya, total body workout dapat terdiri dari berenang, skiing, mendayung, cross-country dan lainnya.

Baca Juga : Cari Tahu Waktu yang Tepat untuk Konsultasi Jantung

  1. Latihan Inti Dan Yoga

Spesialis kardiovaskular intensif juga menyarankan latihan inti dan yoga untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Meskipun memiliki kegiatan yang cukup berbeda dari olahraga sebelumnya, latihan inti dan yoga dapat dimanfaatkan untuk membentuk fleksibilitas dan keseimbangan organ tubuh.

Melakukan latihan inti seperti Pilates bahkan bisa memperkuat otot inti dengan baik. Selain itu, latihan yoga yang dapat dilakukan dengan tenang juga dapat menurunkan tekanan darah. Akibatnya, pembuluh darah yang bekerja untuk mengedarkan aliran darah dan nutrisi menjadi lebih elastis untuk mempertahankan kesehatan jantung sekaligus memperkuat jantung.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Meski demikian, olahraga akan menjadi lebih sempurna jika diimbangi dengan pola makan yang baik dan istirahat yang cukup. Tentu saja, anda sebaiknya mengunjungi rumah sakit jantung Heartology Cardiovascular Center apabila telah mendapati gejala penyakit jantung agar dilakukan pemeriksaan mendalam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.