Tips Cerdas Memilih Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Anda Tahu

Tips Cerdas Memilih Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Anda Tahu

Tips Cerdas Memilih Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Anda Tahu

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang jauh lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Berkaitan dengan hal tersebut, anda harus memilih produk perawatan kulit yang aman dan bebas zat zat berbahaya. Kehadiran berbagai merek di pasaran seringkali membuat para ibu bimbang untuk memilih produk terbaik. Yuk simak tips untuk memilih produk perawatan bayi baru lahir di sini.

Kriteria Produk yang Aman Untuk Bayi Baru Lahir

  1. Memiliki pH Seimbang

Salah satu bagian yang harus anda perhatikan saat hendak membeli produk untuk bayi adalah derajat keasaman atau pH nya. Kulit bayi yang sensitif sangat rentan mengalami iritasi jika bersinggungan dengan produk yang terlalu asam atau terlalu basa. Oleh karena itu, disarankan bagi anda untuk memilih produk yang bertuliskan pH netral.

pH netral juga kerap kali ditulis dengan tulisan “pH balance” atau “pH seimbang”. Terkadang istilah “mild” atau “ultra mild” juga dikaitkan dengan pH yang netral, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Istilah tersebut lebih menggambarkan bahwa pH produk mendekati pH kulit bayi namun tidak menjamin bahwa itu netral. 

  1. Bebas Alcohol

Kriteria kedua produk untuk bayi yang aman adalah tidak mengandung alkohol. Biasanya bahan ini digunakan sebagai campuran dalam produk skincare orang dewasa dan bukan untuk produk perawatan bayi baru lahir. Alasan penggunaannya adalah untuk membuat produk lebih cepat kering saat diaplikasikan di permukaan kulit. Sayangnya senyawa tersebut dapat menyebabkan iritasi.

  1. Bebas Bahan Pewangi

Setiap kulit bayi memiliki ketahanan yang berbeda beda. Ada yang mudah iritasi dan ada pula yang tidak. Karena tidak mengetahui batas toleransinya, lebih baik anda pilih saja produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan kimia tambahan seperti pewangi. Namun untuk jenis produk pH netral dengan mild fragrance jarang memicu reaksi alergi. 

Akan tetapi jika bayi memiliki riwayat eksim, maka akan lebih baik jika anda tidak memilih produk berpewangi meskipun mild fragrance. Perlu anda ketahui, berbagai jenis pewangi termasuk yang berbahan alami seperti essential oil juga masih bisa memicu alergi. Alhasil, beberapa pakar menyarankan memilih produk yang bebas parfum. 

  1. Tidak Mengandung Antibakteri

Kriteria keempat produk perawatan bayi baru lahir yang baik adalah tidak mengandung zat antibakteri. Produk dengan label tersebut biasanya diformulasikan untuk anak anak dan bukan bayi yang belum genap 1 tahun. Lagipula produk perawatan kulit bayi yang biasa sudah bisa menjaga si kecil tetap bersih. Anda tidak perlu menggunakan bahan bahan yang terlalu kuat. 

Pada intinya anda hanya perlu memilih produk yang paling alami untuk si kecil. Akan jauh lebih baik pula jika ada mengkonsultasikan setiap produk yang digunakan kepada dokter. Terlebih jika sebelumnya si kecil kerap kali mengalami iritasi. Bisa jadi ada zat zat tertentu yang aman untuk bayi lain namun kurang cocok dengan kulit anak anda.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.