Perlu Diwaspadai, Berikut 5 Gejala Penyakit Gagal Jantung

penderita-gagal-jantung_20180518_175809

Hingga saat ini penyakit jantung masih menjadi silent killer yang patut untuk diwaspadai. Ada beberapa macam penyakit jantung yang bisa mengintai. Salah satunya adalah penyakit gagal jantung, dimana otot jantung tidak dapat lagi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. berikut, beberapa gejala yang biasanya muncul pada gagal jantung.

Gejala Gagal Jantung Yang Wajib Diwaspadai

  1. Batuk ataupun Mengi Terus Menerus

Salah satu gejala yang biasanya dialami penderita gagal jantung adalah sering batuk ataupun mengi secara terus menerus. Biasanya batuk akan disertai dengan lendir warna putih, bahkan beberapa kasus juga disertai dengan noda darah. Kondisi ini terjadi karena adanya cairan yang menumpuk di dalam paru paru penderita, yang jelas bukan kondisi yang baik.

  1. Sesak Napas atau Dyspnea

Dilansir dari Kompas.com dari American Heart Association, orang yang mengalami gagal jantung mungkin sesak napas. Baik ketika melakukan aktivitas maupun saat istirahat. Tak jarang saat sedang tidur juga akan terbangun karena sesak napas. Penderitanya akan mengalami sesak napas ketika berbaring sehingga membutuhkan bantalan untuk menopang tubuh.

Bukan hanya itu saja, gejala penyakit gagal ginjal ini juga akan membuat penderitanya mengeluhkan kondisi yang lelah serta merasa cemas. Berbagai keluhan tersebut disebabkan karena darah yang kembali di vena pulmonalis. Yakni pembuluh darah mengembalikan darah ke paru paru menuju jantung, membuat cairan akan bocor ke paru paru.

  1. Kelelahan

Orang yang mengalami gagal jantung akan sering mengalami rasa lelah sepanjang hari. Bahkan akan membuatnya kesulitan untuk beraktivitas. Karena jantung tidak dapat memompa cukup darah guna memenuhi seluruh jaringan tubuh. Menyebabkan, tubuh mengalirkan darah melalui organ yang kurang vital seperti otot ke otak maupun jantung.

  1. Penumpukan Cairan Di Beberapa Jaringan

Edema atau adanya cairan berlebihan pada tubuh juga menjadi gejala penderita gagal jantung. Sehingga beberapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki, tungkai dan perut akan membengkak. Tak jarang juga terjadi penambahan berat badan pada tubuh penderita. Hal ini dikarenakan darah kembali lagi ke jantung yang menyebabkan cairan menumpuk.

  1. Nafsu Makan Menurun

Gejala penyakit gagal jantung selanjutnya yakni nafsu makan menuju turun. Beberapa orang akan merasa lebih kenyang bahkan mual di perut. Lagi lagi disebabkan adanya organ yang tidak bisa menerima cukup banyak darah. Begitu juga dengan sistem pencernaan yang akhirnya menyebabkan masalah baru yakni pada sistem pencernaan.

Apabila beberapa gejala tersebut dialami, ada baiknya untuk segera berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika sudah mengalami nyeri dada, pingsan, sesak napas parah ataupun detak jantung cepat. Penderita harus segera mencari perawatan darurat. Gejala tersebut juga belum tentu gagal jantung, bisa saja kondisi jantung atau paru paru yang mengancam.

Salah satu dokter jantung yang memiliki keahlian di bidang penyakit gagal jantung adalah dr Dicky Aligheri yang kini berpraktek di Heartology(https://heartology.id/). dr. Dicky Aligheri merupakan dokter jantung dengan sub spesialisasi di bidang Bedah Vaskular & Endovaskular dan Bedah Gagal Jantung dan Instrumentasi Support Sirkulasi. Temukan jadwal prakteknya serta buat janji online disini

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.