4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memandikan Bayi

4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memandikan Bayi

Memandikan bayi merupakan salah satu kegiatan yang tidak simple. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari jam mandi yang baik untuk bayi, produk yang aman, hingga suhu air. Beberapa ibu masih melakukan kesalahan saat memandikan si kecil. Lantas apa saja kesalahan yang biasanya terjadi? Simak selengkapnya disini.

4 Kesalahan Memandikan Si Kecil

  1. Memandikan Bayi New Born Terlalu Dini

Bayi yang baru lahir hendaknya tidak langsung dimandikan. Saat baru lahir, pada tubuh bayi masih terdapat lapisan yang disebut dengan vernix. Lapisan ini berwarna putih susu yang biasanya menyelimuti bagian wajah dan badan si kecil. Lapisan ini memiliki fungsi untuk menjaga bayi dari kemungkinan infeksi setelah lahir dan menjaga suhu tubuh bayi. 

Vernix dapat menjaga kondisi kulit bayi sehingga ada baiknya untuk para ibu menunggu selama kurang lebih enam jam setelah si kecil dilahirkan. Vernix memiliki fungsi yang sangat baik saat melindungi kulit bayi selama beberapa jam setelah dia dilahirkan. Vernix akan hilang terbilas oleh air jika bayi yang baru lahir langsung dimandikan. 

  1. Bayi Terlalu Sering Dimandikan

Terlalu sering memandikan bayi merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilakukan. Ibu harus memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi. Sebenarnya bayi yang baru lahir hingga bayi mulai merangkak tidak perlu sering untuk dimandikan. Memandikan si kecil hanya perlu tiga kali seminggu. Di sela sela itu para ibu bisa membersihkan tangan, muka, dan badan bayi dengan waslap.

  1. Menggunakan Berbagai Produk

Tak semua produk perlengkapan mandi bayi aman untuk digunakan secara terus menerus. Sebenarnya tak ada yang salah dengan produk tersebut, namun yang salah adalah penggunaannya. Berbagai produk perawatan kulit yang digunakan tidak sesuai dengan takarannya, bisa berpotensi menyebabkan gangguan kulit.

Tak hanya itu, para ibu seringkali menggunakan berbagai produk yang beragam. Menggunakan satu produk berlebihan saja sudah tidak boleh apalagi jika produk yang digunakan berbeda beda. Tak semua kandungan produk perawatan kulit boleh dicampur. Bahan bahan tersebut bisa saja bereaksi dan berubah menjadi bahan yang bersifat alergen.

Baca Juga: Yuk Cari Tau Kriteria Sabun Bayi Yang Bagus Untuk Kulit Sensitif Si Kecil

  1. Suhu Air Tidak Tepat

Tak hanya memperhatikan jam mandi yang baik untuk bayi, ibu juga harus menggunakan air yang memiliki suhu yang pas. Air yang digunakan harus suam suam kuku agar tidak menyakiti kulit si kecil. Air yang pas juga akan membuat bayi tidak terkejut saat mulai dimandikan. Bayi akan merasa nyaman dan rileks sehingga tidak akan rewel.

Air yang terlalu panas dan terlalu dingin tidak baik untuk bayi karena perbedaannya cukup ekstrim dengan suhu ruangan. Bayi sangat sensitive terhadap perubahan lingkungan sehingga sudah sepatutnya para ibu untuk memperhatikan hal tersebut. Suhu air yang pas akan lebih baik untuk memandikan bayi.

Demikianlah beberapa kesalahan yang seringkali terjadi saat para ibu memandikan bayi. Kesalahan seperti ini sebenarnya cukup umum terjadi namun lebih  baik untuk dihindari. Untuk tips lain buka Blog Mitu Baby Care. Disana terdapat beberapa informasi penting yang bisa membantu anda merawat bayi.

Baca Juga: Mengintip Alasan Pentingnya Memakai Tisu Basah Untuk Kebutuhan Anak Anda

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.